The Jakarta Method: Counterinsurgency Amerika dalam memburu Komunisme di Negara Dunia Ketiga

The Jakarta Method Counterinsurgency Amerika dalam memburu Komunisme di Negara Dunia Ketiga
The Jakarta Method: Counterinsurgency Amerika dalam memburu Komunisme di Negara Dunia Ketiga

Terasikip.com – The Jakarta Method. Bagi siapapun yang tertarik membaca pengaruh kekerasan dan pelanggaran HAM yang terjadi pada penghancuran komunisme di Indonesia 1965 terhadap negara-negara dunia ketiga, buku ini sangat dianjurkan untuk dibaca.

Buku karya Vincent Bevins, seorang jurnalis Amerika ini, merupakan reportase kejadian-kejadian yang diteliti dengan baik, ditulis dengan ketat, dan mempengaruhi secara emosional. Vincent Bevins menceritakan kejadian-kejadian dari apa yang ia katakan sebagai counterinsurgency Amerika terhadap negara-negara dunia ketiga yang baru merdeka hingga mempengaruhi ekonomi-politik negara-negara tersebut.

Selama kolonialisme berlangsung, negara bagian selatan atau negara dunia ketiga merupakan sumberdaya yang penting bagi negara-negara koloni. Tidak heran jika saat negara-negara ini merdeka, anti kolonialisme menjadi semangat yang dikobarkan untuk menyatukan negara-negara dunia ketiga. Semangat ini Bevins deskripsikan dalam bukunya mengutip Soekarno sebagai “Spirit of Bandung”.

Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung tahun 1955 menandai satu momen sejarah politik negara-negara dunia ketiga menyatakan sikap atas kolonialisme dan imperialisme barat. Selain itu “Spirit of Bandung” ini juga sekaligus menandai sikap politik negara dunia ketiga yang berkumpul atas nama Non-align movement (gerakan non blok).

Berangkat dari hal inilah buku Jakarta Method dituliskan Bevins. Bahwa semangat anti neokolonialisme yang telah secara signifikan ditandai melalui gerakan non-blok mendapatkan counterinsurgency dari AS melalui “metode Jakarta” sepanjang tahun 1960-an yang panjang di seluruh dunia, dari Indonesia dan Brasil hingga Guatemala dan Chili.

Jakarta Method, sebagaimana judul yang Bevins pilih dalam bukunya ini merupakan kombinasi dari penjarahan ekonomi imperialis dan pelanggaran HAM yang berat, mulai dari fitnah politik, penculikan, dan penghilangan pembangkang hingga pembunuhan dan pembantaian desa oleh pasukan terorganisir. Dia menjalin wawancara dengan sumber-sumber akademis, ruang belakang CIA, berurusan dengan impian para revolusioner yang digagalkan, dan menghasilkan karya yang sangat profokatif, baik secara politik maupun emosional.

Negara Dunia Ketiga

Sementara kolonialisme merupakan bencana ekonomi dan kemanusiaan untuk negara -negara dunia ketiga, pada sisi lain itu menghasilkan kekayaan yang luar biasa bagi Eropa dan, kemudian, Amerika Serikat. Tetapi kekayaan baru ini tidak terdistribusi secara merata; dimiliki hampir seluruhnya oleh elit kecil namun kuat. Antara tahun 1870 dan 1910, segmen-segmen masyarakat terkaya menjadi lebih kaya oleh lompatan dan batas, mencapai tingkat historis yang tinggi pada Perang Dunia Pertama.

Pada tahun 1910, 1 persen terkaya di Amerika Serikat mengklaim 45 persen dari kekayaan negara, sementara di Eropa mereka mengklaim hampir 65 persen dari total kekayaan. Memperbesar sedikit dan jumlahnya bahkan lebih mengejutkan: pada hari ini di AS 10 persen terkaya mengklaim lebih dari 80 persen kekayaan negara; Di Eropa, itu sebanyak 90 persen. Tingkat ketidaksetaraan seperti itu hampir tidak mungkin dibayangkan jika kita tidak sekali lagi mendekati ketimpangan ekstrem yang sama saat ini.

Bevins memang tidak menuliskan mengenai ketimpangan ekonomi dalam suatu negara. Ia juga tidak menjelaskan mengenai bagaimana penjarahan ekonomi atas negara-negara bekas kolonial. Sangat sedikit singgungan ekonomi-politik yang dapat ditemui dalam buku ini. Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Bevins secara langsung menjelaskan bahwa neokolonialisme telah secara signifikan ditandai oleh kontra-pemberontakan AS melalui “metode Jakarta”. Dan lima puluhan tahun semenjak Jakarta Method dilahirkan sebagai sebuah kode counterinsurgency, kita bisa menyaksikan masih kuatnya dominasi negara-negara koloni. Dan negara-negara dunia ketiga sebagaimana kata yang digunakan Bevins untuk menjelaskan negara yang terdampak kolonial, selalu mendapatkan terror. Ekspansi imperialis terus menghancurkan perjuangan revolusioner di dunia ketiga.

Pada awal pembahasan mengenai munculnya kekuatan anti kolonialisme, Bevins melacak perjalanan intelektual, politik, dan romantis dua orang Indonesia, Francisca dan Zain, yang merupakan salah satu tokoh penting dari banyaknya tokoh dalam pembantaian besar-besaran yang didukung oleh Amerika Serikat di Indonesia dan Amerika Latin.

Mereka meninggalkan negara itu untuk belajar di Belanda setelah Sukarno mengklaim kemerdekaan pada tahun 1945. Gelombang perjuangan anti-imperialis yang membentuk pikiran dan tindakan generasi intelektual radikal seperti pasangan ini tidak terlepas dari perjuangan pembebasan nasional dan menuju sosialisme:

“Fransisca dan Zain mulai berkencan pada akhir 1940-an, [ketika] perjuangan kemerdekaan terkait erat dengan politik sayap kiri. Jadi dia, seorang pendukung penuh kemerdekaan Indonesia, yang memang secara kuat masuk ke dalam lingkaran sosialis. Pada 1930-an dan 1940-an, praktis tidak ada orang Eropa yang mendukung kemerdekaan kolonial kecuali kaum kiri. Partai Komunis Indonesia, didirikan pada tahun 1914 sebagai Asosiasi Sosial Demokrat Hindia dengan bantuan kaum kiri Belanda, bekerja bersama Sukarno dan kelompok-kelompok Muslim pro-kemerdekaan pada tahun 1920-an, dan kemudian terlibat dalam pekerjaan antifasis aktif selama pendudukan Jepang.”

Kemerdekaan negara-negara kolonial pasca perang dunia kedua, secara langsung telah menciptakan polarisasi kekuatan. Negara-negara baru ini kemudian menciptakan “tiga dunia,” sejarah yang, seperti yang diceritakan Bevins, dimulai pada periode pascaperang setelah Amerika Serikat menunjukkan kekuatan militernya yang unggul dan “kerusakan apokaliptik yang dapat ditimbulkannya dari udara ketika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.”

Pengingat ini menjelaskan momen kita saat ini dalam semua pola, asal-usul, kontinuitas, serta perpecahannya dari masa lalu dan potensi yang dihasilkannya untuk masa depan. Sementara segera setelah kekalahan Nazi, Soviet menjadi “negara adidaya” kedua di dunia, tetapi mereka jauh lebih lemah daripada Amerika Serikat dalam segala hal yang diperhitungkan.

Dunia pertama terdiri dari “negara-negara kaya di Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan Jepang yang dipimpin A.S., yang semuanya menjadi kaya saat terlibat dalam kolonialisme.” Dunia kedua adalah negara-negara sosialis Uni Soviet dan wilayah Eropa yang sejajar dengan Tentara Merah.

Berbeda dengan dunia pertama, Uni Soviet di dunia kedua “telah secara terbuka menyelaraskan dirinya dengan perjuangan anti-kolonial global dan tidak terlibat dalam imperialisme di luar negeri.” Dunia ketiga tidak hanya tidak selaras, Bevins menegaskan, tetapi juga, yang lebih signifikan, membentuk cakrawala pembebasan bagi mayoritas yang tertindas. Negara dunia ketiga yang memiliki 2/3 populasi dunia, mereka yang berada di bawah kontrol kolonialisme Eropa, segera menciptakan kekuatanya sendiri.

Spirit of Bandung

“Dan, saya mohon kepada Anda, tidak memikirkan kolonialisme hanya dalam bentuk klasik yang diketahui oleh kami di Indonesia, dan saudara -saudara kami di berbagai bagian Asia dan Afrika. Kolonialisme memiliki bentuk modern, dalam bentuk kontrol ekonomi, kontrol intelektual, kontrol fisik oleh komunitas kecil namun asing di dalam suatu negara. Ini adalah musuh yang terampil dan tekun, dan muncul dalam banyak samaran. Kolonialisme tidak menyerah dengan mudah. Di mana pun, kapan pun, dan bagaimanapun, kolonialisme adalah hal yang jahat, dan yang harus diberantas dari bumi.” (Soekarno dalam KAA Bandung, 1955)

Seperti yang dikutip dari pidato Soekarno dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung, Spirit of Bandung adalah bertujuan untuk mengatasi kekejaman kolonialisme. Bandung telah membantu menetapkan sikap politik negara dunia ketiga untuk pertemuan bersejarah berikutnya dari negara-negara dunia ketiga, termasuk Konferensi Asia-Afrika pertama tahun 1958 tentang Perempuan di Kolombo, Konferensi Wanita Kairo 1961, dan forum Gerakan Non-Blok global di Beograd pada tahun 1961.

Meskipun momentum pertemuan non-blok di Bandung sendiri memiliki tujuan utama dalam mengatasi kolonialisme, bukan berarti ini tidak lepas dari perang dingin antara USA dan Uni Soviet. Gerakan non-blok secara langsung mendapat dukungan dari negara-negara komunisme saat itu dengan kesepahaman yang sama atas anti-kolonialisme. Disisi lain, cakrawala komunisme dalam perjuangan antikolonial yang diwakili Bandung juga tidak luput dari ekspansionisme AS di negara ketiga. Seperti yang dilihat oleh Bevins, bahwa Bandung secara langsung menjadi kekuatan baru bagi negara dunia ketiga:

“Bagi para pemimpin seperti Sukarno dan [Jawaharlal] Nehru, gagasan tentang “bangsa” tidak didasarkan pada ras atau bahasa —memang tidak mungkin berada di wilayah yang beragam seperti mereka—tetapi dibangun oleh perjuangan antikolonial dan dorongan untuk keadilan sosial. Dengan Bandung, Dunia Ketiga dapat dipersatukan oleh tujuan bersamanya sendiri, seperti antirasisme dan kedaulatan ekonomi, sukarno percaya.

Mereka juga dapat berkumpul dan berorganisasi secara kolektif untuk persyaratan yang lebih baik dalam sistem ekonomi global, memaksa negara-negara kaya untuk menurunkan tarif mereka pada barang-barang Dunia Ketiga, sementara negara-negara yang baru merdeka dapat menggunakan tarif untuk mendorong pembangunan mereka sendiri.”

Dengan kata lain, Bandung telah memainkan peranan politik yang penting bagi negara dunia ketiga, dimana sebagaimana yang juga diusulkan Samir Amin, perjuangan Bandung untuk sebuah bangsa, berarti sebuah de-linking dari sistem dunia imperialis. Hasil konferensi Bandung Ini adalah program untuk reformis sejati dan serius yang taruhannya pada kemakmuran, perdamaian, dan keadilan sosial selaras dengan program sosialis revolusioner.

Sejak spirit of Bandung mendapatkan respon positif dari negara Eropa dan Amerika Serikat, dengan alasan bagaimanapun, kebijakan baru yang diluncurkan oleh negara-negara global Selatan – tarif, nasionalisasi, reformasi tanah, kontrol modal – membawa pembangunan nyata, dan pemerintah Barat, dalam semangat Truman, diklaim mendukung pembangunan.

Tetapi ini sebagaimana dikatakan Bevins, “hanyalah menjadi hiburan”. Negara-negara Barat telah terbiasa memiliki akses mudah ke tenaga kerja murah, bahan baku dan pasar konsumen di negara-negara dunia ketiga, dan munculnya pembangunan mulai membatasi akses ini. Kebijakan substitusi impor berarti bahwa eksportir barang-barang konsumen Barat harus membayar tarif tinggi untuk menjual produk mereka ke pasar selatan global. Kadang -kadang mereka menemukan bahwa produk mereka diblokir pada bea cukai oleh pemerintah nasionalis yang berniat melindungi industri lokal. Dalam banyak kasus, investor Barat yang ingin beroperasi di negara -negara dunia ketiga ditolak masuk. Ketika mereka diizinkan masuk, mereka sering harus membayar pajak yang lebih tinggi atas pendapatan mereka, dan kontrol modal berarti mereka harus membayar biaya yang lebih tinggi jika mereka ingin memulangkan keuntungan mereka. Gerakan serikat pekerja yang berkembang dan hak -hak konstitusional baru berarti mereka harus membayar upah yang lebih tinggi kepada para pekerja yang mereka sewa. Di beberapa negara, mereka merasa terhalang oleh kontrol harga yang telah dikenakan pemerintah untuk menjaga barang -barang dasar terjangkau. Di tempat lain – dan ini adalah perhatian mereka yang paling serius – mereka takut bahwa tanah dan aset mereka mungkin dinasionalisasi.

Dengan kata lain, revolusi pembangunan – dan kekuatan politik negara-negara dunia ketiga yang berkembang – sedang mengikis fondasi sistem dunia yang berabad-abad menjadi sumberdaya utama Eropa dan Amerika Serikat.

Jakarta Method: Masa-Masa Kudeta

Kekuatan politik baru yang muncul dari semenjak pertemuan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung berlanjut dengan kedekatan politik negara-negara non-blok dengan komunisme membuat pemerintah dan korporasi kekuasaan Barat tidak mau membiarkan ini berlanjut; Mereka membutuhkan semacam Counterinsurgency (kontra-pemberontakan) untuk mendapatkan kembali akses ke sumber daya dan pasar yang sebelumnya mereka nikmati. Tetapi tidak kemudian untuk menolak ide-ide pembangunan yang telah dicetuskan oleh Keynesianisme, dan tidak ada yang menghambat untuk kemandirian ekonomi di negara dunia ketiga.

Dalam beberapa kasus mereka dapat menegosiasikan kondisi yang menguntungkan untuk investasi langsung asing melalui tawar-menawar akses ekonomi, memenangkan konsesi pada pajak dan kontrol modal. Tetapi pada hal lain ini terbukti tidak mungkin dan akhirnya menggunakan langkah-langkah yang lebih agresif meskipun mengakhiri perkembangan negara sekalipun. Sebuah cara yang dikatakan Bevins sebagai “operasi militer.”

Jauh sebelum operasi militer Amerika terhadap Irak dan Afganistan, ataupun percobaan “bermain api” Amerika atas Ukraika dan Taiwan baru-baru ini, buku ini melihat ke belakang atas apa yang dikatakan sebagai Age of coup, masa-masa kudeta dan menggambarkan evolusi kebijakan Amerika terhadap negara dunia ketiga di panggung politik selama perang dingin, antara periode 1960-1980an.

Dalam menjelaskan mengenai peristiwa-peristiwa kudeta, buku ini memulai mengulas mengenai peristiwa yang berlangsung pada perburuan Partai Komunis Indonesia antara 1965-1966. Melalui penjelasan atas reportase kisah-kisah pribadi, Bevins memberikan gambaran yang lebih besar atas dampak penghancuran Partai Komunis Indonesia (PKI) – yang saat itu merupakan Partai Komunis terbesar ketiga di dunia (dan non-penguasa terbesar) dengan hingga tiga juta anggota – dihancurkan hampir dalam beberapa bulan, yang mengakibatkan perkiraan kematian lebih dari satu juta orang.

Apa yang sangat menonjol tentang ini adalah bahwa alih-alih intervensi langsung melalui militer seperti yang Amerika lakukan di Vietnam, perburuan komunisme di Indonesia yang berakhir dengan tampilnya Jendral Angkatan Darat sebagai Presiden Indonesia selanjutnya dilakukan oleh pemain domestik: angkatan bersenjata Indonesia dan kekerasan politik, dengan dukungan CIA / Departemen Luar Negeri AS yang signifikan.

“Pada tahun 1965, dengan bantuan senjata dan intelijen dari Amerika Serikat, Suharto berburu dan membunuh antara 500.000 dan 1 juta dari Pendukung Sukarno. Pada tahun 1967, pangkalan Sukarno telah dihilangkan atau diintimidasi hingga tunduk, dan Suharto mengambil kendali atas negara itu. Rezim militernya – yang memerintah hingga 1998 – terbuka untuk kepentingan perusahaan Barat. Majalah Time terkenal menggambarkan transformasi politik tahun 1960-an sebagai “berita terbaik Barat selama bertahun -tahun di Asia’.”

Peristiwa perburuan Komunisme di Indonesia ini secara cepat telah menjadi “the hidden code” dengan nama Jakarta Method. Pendekatan ‘bumi hangus’ untuk pemusnahan total lawan melalui proksi, baik melalui pembunuhan massal atau kampanye teror, menyebabkan “metode Jakarta” sebagai kode  penindasan dan pemusnahan diekspor ke seluruh dunia, dengan CIA sering bertindak sebagai elemen umum dalam kekejaman ini.

Selanjutnya, AS berusaha menggulingkan pemerintahan revolusioner di Kuba, dengan invasi Teluk Babi yang gagal. Di Chili, pada saat penggulingan CIA-militer pada presiden Allende yang terpilih secara hukum, dimana para jenderal berbicara tentang “Jakarta” dan di sekitar Santiago, terutama di bagian timur kota-di atas bukit, orang-orang mulai menempelkan pesan di dinding: Jakarta Is Coming—Sebuah pesan yang dikatakan Bevins sebagai “ancaman kematian masal.”

Pada tahun 1965, Presiden Johnson memerintahkan invasi Republik Dominika untuk membatalkan pemberontakan populer terhadap junta militer. Di Brazil, dalam operasi bernama Brother Sam, AS membantu kudeta militer yang menggulingkan Goulart dan memasang junta yang akan memerintah untuk dua puluh satu tahun. Di Ghana 1966, sementara Nkrumah berada di luar negeri pada kunjungan negara, kudeta yang didukung CIA menggulingkan pemerintahannya dan memasang junta militer untuk memerintah.

Di Uganda, Pemerintah Obote pada tahun 1971 digulingkan, dan membuka jalan bagi Idi Amin, mantan perwira Tentara Kolonial Inggris. Amin menangguhkan Konstitusi, mengumumkan pemerintahan militer, secara paksa mengusir populasi Asia dan, menurut bukti yang disusun oleh Amnesty International, melanjutkan untuk membunuh lebih dari 500.000 pendukung Obote.

Demikian pula, di El Salvador bersenjata AS dan mendukung pemerintahan militer yang kejam melalui tahun 1980-an melawan revolusi populer, penyiksaan dan perpindahan massal warga sipil. Di Nikaragua, AS memberikan dukungan keuangan dan militer ilegal kepada pemberontakan sayap kanan yang dikenal sebagai Contras sepanjang 1980-an, dengan harapan menggulingkan pemerintah Daniel Ortega yang terpilih secara demokratis, seorang politisi yang dikenal karena komitmennya terhadap pengembangan dan demokrasi sosial. Iran 1988 yang membunuh hampir 5000 anggota komunis. AS juga mendukung kediktatoran sayap kanan di berbagai waktu di Iraq, Korea, Sudan, Bolivia, Ekuador, Haiti, Paraguay, Honduras, Venezuela dan Panama.

The Jakarta Method Counterinsurgency Amerika dalam memburu Komunisme di Negara Dunia Ketiga
Source: Twitter: Vincent Bevins (@vinncent), from The Jakarta Method, Appendix 5.

Melalui Jakarta method, sebagaimana dijelaskan Bevins, Amerika telah menciptakan dunia baru pasca perang dingin. Dunia macam apa yang kita dapatkan setelah Perang Dingin?” Sebuah pertanyaan menarik yang memulai bab terakhir dari metode Jakarta. Jawabannya jelas membuat pembaca merasa emosional, dan Bevins pun terkesan emosional dalam menjawabnya. Jawaban Bevins: “Amerikanisasi” paksa orang-orang planet, masyarakat mereka dan ekonomi mereka!

Amerika dan negara-negara kolonial memiliki kepentingan akan kebijakan ekonomi neoliberal yang jelas-jelas merusak kehidupan orang -orang sehingga sangat sulit untuk menerapkannya dalam pemerintahan yang demokratis. Dalam kebanyakan kasus, menjadi satu-satunya cara untuk membawa mereka adalah melalui kediktatoran militer dan program teror negara yang akan membatalkan perlawanan di mana pun ia muncul. Untuk menderegulasi ekonomi secara agresif, harus secara agresif pula mengatur bidang politik secara agresif.

Buku Jakarta Method, bagi saya sebagai penulis review ini adalah kritik yang menghancurkan dari kemunafikan AS selama Perang Dingin, dan hipotetis yang menyedihkan tentang seperti apa dunia yang mungkin terjadi jika gerakan dunia ketiga telah berhasil.

Meskipun cenderung ringan dalam pembahasannya, Metode Jakarta menampilkan sisi provokatifnya hampir dari awal hingga akhir tulisan. Dalam bab terakhir, diakhiri dengan pertemuan kehidupan nyata penulis dengan seorang Indonesia bernama Winarso, yang menegaskan bahwa “Perang Dingin adalah konflik antara sosialisme dan kapitalisme, dan kapitalisme menang.” “Bagaimana kami menang?,” tanya Bevins. Dan Winarso menjawab: “Kamu membunuh kami.” “Amerika Serikat menang, di sini, di Indonesia, Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, dan di seluruh dunia, Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan,”.

Tentu akan sangat menarik untuk membayangkan bagaimana negara-negara seperti Guatemala, Brasil, Iran, Indonesia, Chile dan Kongo dapat berkembang seandainya mereka diizinkan untuk melanjutkan kebijakan pro-miskin mereka dalam kedamaian. Ada kemungkinan bahwa sekarang mereka akan sangat dekat untuk memberantas kemiskinan, dan menurunkan ketimpangan dan mungkin bahkan menyatukan gerakan dunia ketiga sebagai negara-negara sejahtera – seperti yang dikelola oleh banyak negara Asia Timur. Sayangnya, mereka dicegah untuk mengambil jalan ini. Dan yang lebih disayangkan, seperti yang ditunjukkan oleh Bevins, Indonesia masih tidak mengakui jutaan nyawa yang hilang selama counterinsurgency anti-komunis, tidak bahkan sekalipun pemerintah Indonesia.

Dan gerakan revolusioner dunia ketiga sebagaimana disimpulkan oleh Bevins, bahwa perjuangan dunia ketiga berakhir dengan prospek terbatas pada periode itu: “mudah untuk mengatakan bahwa gerakan Dunia Ketiga berantakan, jika tidak dihancurkan.” Semua akan sangat sepakat dengan ini.

Tabik!

The Jakarta Method: Counterinsurgency Amerika dalam memburu Komunisme di Negara Dunia Ketiga

Penulis: Faith Liberta Aida Muhammad